Saturday 29 October 2011

Merawat Komputer Bagian Luar

Komputer juga perlu perawatan, jangan hanya asal pake. Biasanya komputer asal pake akan rentan terhadap kerusakan. Bersihkan secara rutin body CPU komputer dari debu bila perlu setiap hari. Aktivitas ini memang terkesan sepele dan mudah sekali. Akan tetapi perlu diingat bahwa sebagai negara beriklim tropis dengan tingkat kelembapan tinggi, cuaca di Indonesia sangat mengundang debu. Gunakan kain lembut untuk mengelap peranti komputer. Pada celah kecil yang sulit dicapai, pakailah cotton bud.
Noda yang agak sulit dihilangkan seperti akibat tumpahan kopi pada keyboard, bisa coba dihilangkan dengan tisu lembap yang tidak terlalu basah. Celah keyboard tidak beda dengan sofa. Keduanya sama-sama menyimpan segudang benda dan kotoran. Kalau dibongkar maka di balik sebuah keyboard tersembunyi begitu banyak jenis noda kotoran yang luar biasa. Kian tebal kotoran di balik celahnya, kian sulit tombol difungsikan. Balikkan keyboard lalu tepuk secara pelan2 maka kotoran akan keluar tapi cara ini hanya bisa digunakan untuk keyboard biasa.
Bersihkanlah mouse. Bagian bawah mouse yakni roller ball perlu mendapat perhatian ekstra. Roller ball yang kotor dapat mempersulit gerakan mouse dan berimbas pada kursor. Jika mouse anda menggunakan sensor infrared bersihkan mouse dengan lap saja.
Sayangilah monitor Anda. Agar pandangan ke layar monitor bisa optimal, bersihkan layar dengan teliti, bukan asal bebas debu dengan bulu ayam atau kain kering. Lepaskan semua kabel yang melekat di monitor. Lap dengan teliti dan perlahan sampai debu terkecil hingga cetakan sidik jari hilang dari permukaannya.
Jangan melupakan printer. Sesekali bukalah semua peranti printer agar udara segar masuk ke dalamnya dan kelembapan bisa ditekan. Untuk membersihkan bagian luar printer, gunakan kain lembap.
Untuk hardware bagian dalam seperti motherboard, card/soket, dll bersihkan dengan kuas yang halus atau dengan vacum cleaner udara dengan tekanan rendah.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger