Wednesday 7 December 2011

SOFT HDR

Tutorial Photoshop ini saya namakan Soft HDR Effect karena HDR (High Dynamic Range) ini saya buat dengan cara saya sendiri, Efek HDR ini digunakan untuk mempertajam tampilan foto sehingga terlihat lebih detil, hehe.. Tanpa basabasi lagi brader en sister... Cekidot...
Langkah-langkahnya :

1. Saya gunakan image dibawah ini. 
image ilmugrafis.com
Foto: Mengawasi Tambak
Anda bisa menggunakan Foto anda sendiri atau bisa mencari Di Google Service keyword "HDR Photo"
Lalu pilih menu Image >> Adjustments >> Level >> Auto >> OK.

2. Pilih menu Image >> Adjustments >> Shadows / Highlights... 
Maka akan muncul windows seperti dibawah ini
image ilmugrafis.com
Jangan lupa Check Boxnya yang saya beri tanda merah.

3. Untuk yang menggunakan Image saya diatas, settnya adalah sebagai berikut :
Shadows - Amount : 50%, Tonal Width : 60%, Radius : 20px
Highlights - Amount : 60%, Tonal Width : 55%, Radius : 30px
Adjustments - Color Correction : -20, Midtone Contrast : +70.
Untuk yang tidak menggunakan image saya diatas, silahkan di sett sesuai keinginan. 
Klik OK.

4. Pilih menu Image >> Adjustments >> Selective Color, akan muncul windows seperti dibawah ini.
image ilmugrafis.com
Set Method menjadi Absolute, kemudian Colors Red Kurangi sesuai keinginan, lihat di preview di photoshop teman-teman sekalian, yang harus dikurangi adalah Reds, Yellows, Greens (Sedikit saja), Neutrals. Dan yang harus ditambahi adalah Blacks (sedikit saja), Blues dan Cyans. Klik OK.

5. Sebenarnya ini sudah jadi HDR tapi agar terkesan lebih dramatis kita tambahi effect gelap pada pinggir-pinggirnya dengan menggunakan Standard Brush Photoshop. 
Pilih Soft Rounds Brush.
Perhatikan gambar dibawah ini.
image ilmugrafis.com
Ubah Opacitynya menjadi kecil, dibawah 50% sesuai keinginan, 
kemudian tekan Ctrl +Shift + N lalu sapukan brush pada bagian pinggir-pinggirnya satu kali sapu, 
jadi jangan sampai terputus, ulangi lagi tapi lebih sedikit keluar dari sapuan brush pertama tadi. 
Lihat image dibawah ini
image ilmugrafis.com
Sudah jadi... Cheers...
Demikian brader en sister HDR ala Fara Quinn... Eh ala Ervyn... Haha...
Semoga Bermanfaat.

Sumber:http://www.ilmugrafis.com/photoshop_foto.php

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger